Daihatsu Sigra Mobil Istimewa

Salah satu calon mobil fenomenal akhirnya resmi diperkenalkan ke muka publik di pabrik perakitannya di Karawang, Jawa Barat, kemarin (2/8). Kami tidak menyinggung Toyota Calya kali ini, melainkan saudara sekandungnya yang tak kalah istimewa yaitu, Daihatsu Sigra. Bahkan kami dapat katakan Sigra lebih istimewa dibandingkan Calya, walaupun brand Daihatsu sekali lagi bakal berada di bawah Toyota yang berpotensi besar menjadi volume maker di kelas LCGC 7-seater. Kami akan ungkap berbagai kelengkapan dan kelebihan mobil ini sebagai calon mobil ‘sejuta umat’ yang baru setelah mendapat bocoran brosurnya sebelum mulai dipasarkan di GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 tanggal 11 Agustus mendatang.
Pertama-tama, kami berpendapat desain Sigra lebih menarik dibanding Calya jika melihat fascia depannya. Calya masih menyisakan ciri Toyota Agya berupa rumah lampu kabut berbentuk segitiga dan gril besar trapesium. Sedangkan Sigra memiliki tampilan muka lebih tajam berkat desain rumah lampu kabut trapesium pipih yang menyatu dengan air dam bawah. Gril pun tampak lebih atraktif dengan bentuk heksagonal a la Audi. Jika interior Calya lebih menyiratkan kemewahan dengan nuansa coklat tua di jok dan dasbor, Calya tampak lebih sporti dengan jok hitam dan perpaduan warna beige di dasbor. Selebihnya tidak ada perbedaan bentuk dari kedua mobil tersebut, hanya permainan aksen krom saja yang membedakan.

Di brosurnya tergambar tujuh orang penumpang dewasa dapat duduk dengan leluasa di tiap baris. Kursi pengemudi dan penumpang depan tetap dengan model head rest menyatu seperti Agya-Ayla dan belum dilengkapi pengaturan ketinggian. Ditengah-tengah terdapat center arm rest yang dapat dilipat dan terselip jok kecil yang tampaknya dapat diduduki oleh anak kecil. Kursi baris kedua tampak nyaman dengan busa tebal. Hebatnya, kursi dapat digeser maju-mundur untuk memperluas legroom dan dapat direbahkan untuk kenyamanan penumpang.
Proses pelipatan sangat praktis dengan metode 1-touch tumble. Cukup manfaatkan satu tuas maka kursi segera terlipat dan memudahkan penumpang masuk ke baris ketiga. Khusus baris ketiga merupakan bagian krusial untuk sebuah MPV 7-penumpang. Dengan dimensi yang lebih panjang 75 mm, lebih lebar 20 mm dan lebih tinggi 110 mm dibanding pesaingnya Datsun Go+ Panca, sudah tentu LCGC ini bukanlah mobil dengan formasi 5+2. Kuncinya juga terletak di baris kedua yang dapat dimajukan, agar tercipta legroom lebih luas lagi.
mobil keluarga
Daihatsu Sigra memiliki varian paling lengkap dengan total 10 varian, yang terdiri dari dua pilihan mesin dan transmisi, direntang harga prediksi mulai dari Rp 106,6 juta hingga Rp 148,9 juta. Daihatsu Sigra Tipe D dan M merupakan varian terendah yang cocok untuk pasar fleet dan juga bisa menjadi favorit untuk dijadikan taksi online. Keduanya menggunakan mesin 1KR-VE 3-silinder 1.0L DOHC dengan teknologi VVT-i yang bertenaga 67 PS dan torsi 87 Nm. Mesin serupa milik Daihatsu Ayla ini hanya dipasangkan dengan transmisi manual 5-kecepatan. Tipe D dengan harga Rp 106,6 juta sebagai varian terendah hanya diisi fitur-fitur seperlunya saja tanpa fitur keamanan apapun. Tipe M seharga Rp 115,5 juta mendapat banyak tambahan fitur seperti alarm dan immobilizer, pelek kaleng 14-inci, head unit, power socket dan lainnya.
Di level menengah diisi tipe X yang mendapatkan mesin baru 3NR-VE 4-silinder 1.2L DOHC dengan teknologi Dual VVT-i. Mesin anyar ini mampu memproduksi tenaga 88 PS dengan torsi 106 Nm yang berpasangan dengan transmisi manual 5-kecepatan dan otomatis 4-kecepatan. Interiornya mendapat sentuhan head unit 2DIN lengkap dengan CD, MP3, AUX, USB dan Bluetooth. Sementara fitur keselamatan disematkan Dual SRS Air Bag dan khusus transmisi otomatis mendapatkan sistem ABS. Sigra tipe X juga terdiri dari trim Deluxe yang mendapat tambahan ornamen penunjang tampilan luar berupa, lapisan krom di lis jendela, lampu kabut, ornamen frame di gril dan polished alloy.
IMG_0207 (1)
Daihatsu Sigra tipe R merupakan varian tertinggi dan terlengkap dengan kelebihan diluar ekspektasi sebuah LCGC. Bayangkan saja, dengan rentang harga Rp 132,2 juta hingga Rp 148,9 juta untuk tipe R dan R Deluxe, Anda mendapatkan MPV 7-penumpang murni dengan kelengkapan fitur berupa electric mirror, wiper belakang, head rest di seluruh baris kursi, dual air bag, rem ABS, sensor parkir belakang dan bahkan di tipe teratas R Deluxe tersedia sensor parkir depan seperti di sedan-sedan premium dan tampilan lebih mewah dengan banyak aksen krom.
Sebuah hantaman dan ancaman yang sangat telak bagi Datsun Go+ Panca yang akan berkompetisi secara langsung dengan Sigra. Jelas sekali, duet maut ini sudah unggul diatas kertas dan berhasil mengambil segala kekurangan pada Datsun untuk dikonversi menjadi keunggulan yang mampu mematikan.
Previous
Next Post »